15 Tips Merawat dan Menyimpan Sepatu Agar Awet

Sepatu merupakan barang yang dimiliki oleh setiap orang, yang biasanya digunakan untuk berpergian. Sepatu terdiri dari bagian seperti sol, hak, kap, tali, dan lidah sepatu, terdapat berbagai macam model sepatu.

Biasanya sepatu favorit atau yang paling sering digunakan, akan membuatnya cepat mengalami kerusakan.

Untuk itu, cukup penting mengetahui tips merawat dan menyimpan sepatu dengan benar, agar nantinya sepatu dapat menjadi awet.

 Sepatu merupakan barang yang dimiliki oleh setiap orang 15 Tips Merawat dan Menyimpan Sepatu Agar Awet
Sumber gambar: Pexels.com

Tips merawat dan menyimpan sepatu

1. Jangan menggunakan sepatu selama tiga hari berturut-turut
Sepatu sebenarnya butuh waktu untuk sirkulasi udara selama 24 jam sebelum digunakan kembali. Nah, apabila terus-menerus menggunakan sepatu, maka bahannya akan menjadi tertarik, sehingga nantinya sepatu mudah rapuh dan cepat sobek.

2. Hindari menyetir menggunakan sepatu tumit tinggi
Ketika mengendarai mobil, hindari memakai sepatu yang menggunakan tumit tinggi ketika menyetir, karena saat menginjak rem mobil maka sol akan mengalami penekanan, sehingga membuat sepatu rusak.


3. Jangan biarkan sepatu lembab
Apabila sepatu terkena air hujan atau juga yang sering mengalami lembab karena keringat, maka angin-anginkan sepatu beberapa saat, hingga akhirnya sepatu kering. Setelah itu Kamu pastikan hingga tidak ada kotoran yang tertinggal di dalamnya, kemudian baru Kamu simpan di tempat yang aman untuk sepatu, seperti di kotak.

Hal itu untuk menghindari adanya jamur. Selain itu, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan meletakan silica gel (kapur barus) di dalam kotak untuk menyerap kelembaban.

4. Sepatu khusus olahraga rentan kotor, sikat saja menggunakan air deterjen
Jenis sepatu olahraga termasuk yang paling rentan mengalami kotor. Karena sepatu olahraga biasanya digunakan untuk aktivitas outdoor (di luar ruangan), misalnya untuk mendaki gunung. Tentunya sepatu 'tidak mungkin' tidak kotor. Pada sepatu akan banyak tanah, pasir dan lumpur.

Kondisi sepau yang kotor akan mengharuskan penggunanya mencucinya. Cara bagus untuk mencucinya, lepaskan tali sepatu. Lalu rendam di dalam larutan deterjen sekitar 10-15 menit.

Lalu siapkan sikat gigi bekas dan deterjen bubuk. Larutkan deterjen bubuk dalam air. Ingat! Larutan ini tidak sama dengan yang akan dipakai pada tali sepatu.

Kamu perlu menyikat secara perlahan bagian sepatu yang kotor, gunakan sikat gigi saja, tanpa deterjen.

Setelah noda mulai pudar (noda tidak bisa menghilang full), maka celupkan sikat gigi ke dalam larutan deterjen tadi. Kemudian sikat lagi bagian yang kotor tadi hingga nodanya benar-benar bersih.

Kemudian angkat rendaman tali sepatu, lalu kucek-kucek untuk menghilangkan noda. Bilas sepatu dan talinya memakai air keran biasa, lakukan hingga busa menjadi hilang sepenuhnya.

Keluarkan dahulu bagian lidah sepatu, lalu Kamu masukkan kedalam sepatu segumpal kertas koran bekas. Kemudian jemur sepatunya sampai kering. Ingat! Menjemurnya tidak langsung terkena matahari, melainkan di tempat yang terduh (memiliki atap). Menjemur langsung dii bawah sinar matahari dapat merusak sepatu.

5. Hindari menumpuk sepatu 
Jangan pernah menumpuk sepatu asal-asalan tanpa menggunakan kotak, atau tanpa adanya penghalang antar sepatu, sehingga sepatu tertindih. Karena menumpuk sepatu dapat merusak bahan dan solnya sepatu. Lebih disarankan Kamu memiliki rak khusus yang digunakan untuk menyimpan sepatu.

loading...

6. Bersihkan sepatu sebelum disimpan
Menyimpan sepatu yang dalam keadaan yang kotor maka mengakibatkan hal buruk pada sepatu, yang membuatnya cepat rusak. Saat ingin membersihkan maka perhatikan pada bahan sepatu, apabila sepatu berbahan kulit maka membersihkannya cukup dengan sikat sepatu hingga debu yang ada padanya bersih.

Adapun apabila sepatu berbahan kanvas, untuk membersihkannya dengan menggunakan air dan sabun, yang dapat dengan baik menghilangkan nodanya pada sepatu.

7. Segera keringkan sepatu jika basah
Hindari tidak memperdulikan sepatu yang terkena air, apalagi jika dalam waktu yang lama. Apabila Kamu mengalamu kehujanan di luar, maka setelah sampai rumah hendaknya mengeringkan menggunkan lap kering. Adapun untuk mengeringkan bagian dalam sepatu, dapat memakai kertas koran atau yang semacamnya.

Saat memasukkan kertas koran di dalam sepatu, maka posisikan sepatu dlaam keadaan berdiri, tujuannya untuk cepat kering. Tidak direkomendasikan memakai alat pemanas buatan, contohnya hair dryer, dll. Hal itu tidak boleh karena dikhawatirkan dapat merusak kulit sepatu.

8. Keringkan kaki
Kondisi kaki yang basah mengakibatkan kaus kaki akan ikut berarir. Hal ini menyebabkan keadaan di dalam sepatu lembab. Apabila maslaah ini terjadi sanga sering, dikhwatirkan akan mengakibatkan sepatu menjadi sarang kembang biak bakteri dan kuman. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan, disamping juga membuat sepati bau.

9. Simpan sepatu pada suhu yang stabil
Simpanlah sepatu pada tempat yang tidak terkena matahari , karena jika sepatu terlalu lama terkena sinar matahari dapat membuat pudar warna sepatu. Dan sebaliknya, juga jangan menyimpan sepatu pada tempat yang cenderung basah, yang membuat sepatu lembab, dan bearoma tidak sedap, selain itu juga cepat rusak.


10. Isi sepatu dengan kertas
Ketika ingin menyimpan sepatu dalam jangka waktu yang lama, maka isilah bagian dalam sepatu dengan kertas, tujuannya agar tetap menjaga bentuk sepatu, serta menghindari hewan-hewan kecil masuk bersarang di dalam sepatu. Tetapi kertas yang Kamu pakai tidak boleh yang mengandung asam, dan tidak boleh menggunakan kertas yang terdapat tulisan bertinta karena nantinya meninggalkan bekas tinta pada sepatu.

Loading...

11. Jangan bungkus sepatu menggunakan plastik
Hindari kebiasaan membungkus sepatu menggunakan plastik, karena dapat mengakibatkan sepatu mengalami lembab dan berjamur.

12. Gunakan lemari sepatu
Simpanlah sepatu di lemari khusus, dimana yang punya sirkulasi udara yang baik, sehingga menghindari sepatu berbahan kulit menjadi berjamur, karena tidak adanya sirkulasi udara, dan juga bertujuan melindungi sepatu dari hewan perusak seperti tikus.

13. Perhatikan suhu tempat menyimpan sepatu
Hindari menyimpan sepatu di tempat seperti ruang bawah tanah, garasi, dan tempat semacamnya yang beresiko memiliki suhu ekstrim, sehingga akhirnya merusak sepatu.

14. Semir secara rutin
Menyemir sepatu jenis kulit adalah hal yang cukup penting dilakukan. Menyemir bisa dilakukan menggunakan produk wax / cream polish. Sebelum menyemir, pastikan sepatu sudah dalam kondisi kering. Hendaknya menyesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Untuk melakukannya, dengan menempelkan cream tersebut ke sepatu. Kemudian sikat hingga seluruh bagian permukaan sepatu. Lalu diamkan dalam waktu beberapa menit. Kemudian gosok menggunakan kain bersih hingga mengkilap.

15. Bersihkan kotoran sebelum menyemir
Hindari menyemir sepatu kulit sebelum kotoran yang ada harus dihilangkan (dibersihkan). Hal itu karena ketika digosok, berakibat tersebarnya kotoran ke seluruh permukaan sepatu. Yang akhirnya berakibat buruk pada sepatu

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka pakai saddle soap. Itu adalah jenis sabun yang berfungsi untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan pada kulit sepatu yang sensitif. Bersihkan memakai dengan sikat atau kain yang lembut.

Sumber http://downloadsoft-gratis.blogspot.com
Tag : Tips Umum
Back To Top