20 Aplikasi Perekam Layar Gratis Untuk PC

Merekam aktivitas layar komputer (PC) menjadi sebuah bentuk video bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, dengan berbagai tujuannya.

Mungkin bagi Anda yang “hobi” untuk upload video di Youtube akan suka untuk merekam layar PC.

Software perekam layar PC bisa Anda manfaatka untuk banyak hal, seperti untuk membuat video tutorial, membuat presentasi, merekam permainan game tertentu, momen istimewa, dll.

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam memilih aplikasi perekam layar PC yaitu dukungan format video yang diberikan, serta tingkat kualitas video dan suaranya.

Langsung saja berikut di bawah ini berbagai aplikasi perekam layar PC yang gratis umumnya.

1. FlashBack Express

Software yang sebelumnya berbayar ini kini telah menjadi gratis. Dengannya Anda bisa merekam layar dengan kualitas yang bagus, penggunannya tidak memerlukan spek komputer yang terlalu tinggi.

 menjadi sebuah bentuk video bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan 20 Aplikasi Perekam Layar Gratis Untuk PC

Nantinya Anda bisa merekam seluruh layar atau bagian tertentu saja pada layar. Anda juga nantinya mampu merekam pada saat webcam sedang aktif.

Fitur lainnya yaitu bisa merekam suara baik dari microphone, speaker PC, atau dari suara lainnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk merekam layar secara terus-menerus tanpa adanya batasan waktu.

Ini menjadi perekam layar gratis yang fleksibel dan sangat mudah digunakan. FlashBack pilihan yang bagus karena memiliki desain antarmuka yang lebih ramping dan juga pengaturan langsung, sehingga penggunannya lebih user friendly.

Software ini dikembangkan oleh “Blueberry Software” yang penggunaannya hanya mendukung sistem operasi Windows saja.

Dalam proses penginstalannya maka Anda aka ditanya tujuan menggunakan software FlashBack, apakah untuk game, hobi, proyek siswa dll. Anda akan dimintai alamat email sehingga perusahaan nantinya mengirimkan kunci lisensi kepada Anda.

FlashBack Express memiliki fitur rekaman secara terjadwal, ini merupakan fitur yang bagus, dengannya Anda bisa merekam layar pada waktu dan tanggal tertentu, atau saat program tertentu dijalankan. Tinggal Anda men-setting  sebelumnya.

Anda juga bisa menghentikan rekaman secara otomatis setelah waktu tertentu. Anda bisa mengatur besarnya resolusi saat merekam (mengatur secara costum), menggunakan latar belakang desktop biasa, menyembunyikan ikon, dan membatasi ukuran file untuk rekaman.

Juga dapat mengatur nilai FPS untuk rekaman permainan, memilih tingkat kualitas rekaman, atau Anda jika tidak ingin ribet maka bisa memberikan kepada program FlashBack Express untuk menentukan pengaturan ini sendiri.

Untuk versi Pro, disediakan fitur mengatur frame editor secara bingkai, menambahkan video dan anotasi gambar, serta menyimpan klip Anda ke PC dalam format selain WMV.

Download software FlashBack Express versi gratis di situs resminya Flashbackrecorder.com

2. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

OBS studio merupakan aplikasi perekam layar komputer yang memiliki kemampuan mumpuni, aplikasi ini bersifat open Source dan multi-platform, dimana penggunaannya support untuk sistem operasi Windows, OSX, dan GNU/Linux.

 menjadi sebuah bentuk video bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan 20 Aplikasi Perekam Layar Gratis Untuk PC

Penggunannya bisa untuk merekam video ataupun broadcast video ke berbagai situs online yang dilakukan secara langsung (live streaming).

Tampilan aplikasi ini didesain sederhana, namun memiliki banyak fitur seperti merekam desktop, merekam suara dari internal microphone dan external microphone, serta merekam webcam bawaan maupun external.

Tersedia fitur untuk memasukan teks dan gambar pada video, mengatur area seleksi rekaman, dan Anda bisa menyimpan hasilnya dalam format terpopuler seperti MP4 atau FLV.

Bagi gamer, OBS Studio bisa menjadi program merekam layar yang mumpuni. Perekam layar mendukung streaming dan rekaman dalam definisi tinggi, tanpa batasan durasi.

Dengan OBS Studio, Anda tidak hanya bisa merekam langsung dari webcam dan mikrofon, Anda juga bisa menggabungkan rekaman dari permainan, menambahkan video dan gambar, menangkap jendela atau bagian layar tertentu, dan banyak lagi.

Untuk bisa lancar menggunakan software OBS Studio, maka Anda perlu membiasakan diri dalam penggunannya.

Download OBS Studio di situs resminya Obsproject.com


3. Ezvid

Dengan Ezvid, Anda bisa memulai merekam video pada layar, dimana secara default ezvid akan merekam pada keseluruhan bagian layar PC Anda. Jika ingin merekam bagian tertentu dari layar maka Anda bisa mengaturnya pada bagian “Advanced Setting” ketika setelah mengklik capture screen.

Sumber gambar: Ezvid.com

Lalu ubah opsi capture area dari awalnya “disable” ke “enabled”, setelah itu Anda pilih area tertentu yang akan direkam.

Terdapat fitur microphone, sehingga pengguna bisa merekam suara menggunakan microphone

Juga terdapat fitur untuk memasukan text pada video, serta bisa menambahkan gambar, audo atau video lainnya.

Anda juga bisa memasukan watermark pada video, watermark nantinya akan muncul di bagian sudut kanan bawah, sayangnya watermark tidak bisa digeser.

Selain itu, Ezvid mempunyai fitur khusus mode gaming. Hasil rekaman Ezvid cukup bagus tapi ukuranya memang lebih besar.

Kemampuan yang bagus dari Ezvid yaitu dapat menangkap audio dari mikrofon Anda, kemudian menerapkan efek distorsi. Ada juga fungsi text-to-speech.

Anda dapat merekam hingga 45 menit, dan hasil video rekaman Anda tidak “dinodai” dengan logo atau watermark tertentu yang dimasukan program secara otomatis (baca: paksa).

Dimana terdapat beberapa program merekam layar gratis lainnya yang memasukan logo miliknya secara paksa, sehingga hasil video menjadi ternoda.

Adapun masalah dari software ezvid yaitu program berjalan dengan cukup berat, Ezvid tidak jarang mengalami hang dengan sendirinya.

Nah, apabila Anda ingin kemudahan maka lebih baik gunakan yang lainnya, adapun jika Anda ingin hasil yang lebih bagus maka disarankan menggunakan Ezvid.

Download software Ezvid secara gratis di situs resminya Ezvid.com

4. WM Capture

WM Capture bisa digunakan untuk merekam bagian layar tertentu, selain itu mempunyai fitur schedule recording. Kegunaan fitur tersebut untuk menjadwalkan layar komputer akan memulai rekaman secara otomatis.

Anda bisa memanfaatkan fitur schedule recording untuk mengatur program agar berjalan secara otomatis untuk merekam acara live streaming saat Anda tidak menontonnya.

Adapun hasil rekaman nantinya bisa disimpan dalam bentuk format MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

Geforce WM Capture sangat dapat diandalkan dalam merekam permainan video game, yang memiliki kualitas super dengan frame rate yang tinggi, sehingga video hasil rekaman memiliki kualitas yang sangat baik.

Terdapat fitur modus (background) sehingga membebaskan layar dari gangguan saat merekam. WM Capture memiliki fitur otomatis untuk mendeteksi jendela video.

Hanya saja software ini tidak mempunyai tool untuk mengedit atau meningkatkan kualitas rekaman. Program ini terkadang mengalami crash ketika digunakan dalam merekam.

Kunjungi situs resminya di Geforce.com

5. XSplit

XSplit Gamecaster menyediakan fasilitas streaming yang kuat. Bahkan XSplit mampu menayangkan streaming saat Anda sedang bermain game. XSplit bisa melakukan konfigurasi pengaturan sesuai dengan kondisi laptop (speknya).

Aplikasi Xsplit hadir dalam dua rasa: Broadcaster dan Gamecaster. Mereka sangat mirip, namun yang Gamecster dirancang khusus untuk para gamer, sementara yang lainnya adalah perekam layar yang kegunaannya lebih umum.

Xsplit Broadcaster adalah perekam layar gratis, yang juga memiliki versi premium (untuk penggunaan komersial). Edisi gratis menyediakan kualitas rekaman lebih dari 60fps, dengan bisa memilih 720p.

Perekam layar gratis ini mampu merekam dari sumber manapun, termasuk layar, kartu video, webcam, file media, atau program tertentu.

Download software Xsplit di situs resminya Xsplit.com


6. Dxtory

Software Dxtory didesain dengan antarmuka dan pengaturan yang sederhana, dengan aplikasi ini Anda bisa merekam layar komputer secara ringan

Adapun kualitas video yang dihasilkan lumayan bagus, tapi ini sangat tergantung dari kemampuan PC atau laptop Anda.

Terdapat pengaturan audio yang kuat, dimana nantinya Anda bisa merekam dua suara secara bersamaan, yaitu contohnya suara dari game dan suara Anda sendiri, yang nantinya bisa diedit secara terpisah.

Kemampuannya bisa merekam video hingga 120 frame per detik (fps). Dengan Fps yang tinggi nantinya akan menghasilkan kualitas video yang tinggi juga dan tampilan video sangat halus.

Dxtory bisa diandalkan sebagai software perekaman game yang hebat dan serbaguna.

Download software Dxtory di Exkode.com

7. Atomi ActivePresenter

Atomi ActivePresenter bisa digunakan untuk mereka semua atau bagian tertentu dari layar PC dengan menghasilkan kualitas video yang bagus.

 menjadi sebuah bentuk video bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan 20 Aplikasi Perekam Layar Gratis Untuk PC

Untuk penggunannya tersedia untuk versi gratis, yang memberikan fitur perekam layar yang minimalis dengan hasil yang cukup baik. Dengannya, Anda bisa membuat video resolusi tinggi dan dengan durasi yang cukup panjang.

Kelebihannya:
  • Tidak ada watermark yang mengganggu tampilan hasil video dari perekaman.
  • Perekaman tanpa batas waktu.
  • Tersedia fitur efek bayangan, dekorasi screencasts dengan styles, dan efek warna.
  • Anda akan mendapatkan tool untuk meng-overlays video, memotong, meng-cropping video, mengatur tingkat volume, memberikan blur pada video dan lainnya.
  • Adapun hasilnya bisa berupa format MP4, FLV, AVI, WMV, WebM dan MKV.

Hanya saja kekurangannya yaitu pada versi gratis akan dibatasi fitur-fiturnya. Namun untuk kebutuhan standar agar membuat video yang bagus, maka versi gratis sudah cukup oke.

Software perekam Atomi ActivePresenter bisa digunakan secara gratis pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

Download software Atomi ActivePresenter di situs resminya Atomisystems.com

8. Screenpresso

Screenpresso merupakan software perekam layar PC yang bisa digunakan untuk membuat video HD. Terdapat fitur-fitur canggih di dalamnya, hanya saja pengguna gratis maka tidak banyak ditawarkan fitur-fitur utamanya.

Walau begitu, sebenarnya versi gratis untuk kebutuhan standar sudah merupakan hal yang bagus, dimana bisa Anda gunakan untuk merekam seluruh layar atau bagian tertentu, untuk nantinya menghasilkan video yang berkualitas.

Kelebihannya:
  • Anda bisa melakukan perekaman audio dan webcam bersaman dengan layar.
  • Boleh menggunakan hasil rekaman untuk keperluan komersial (termasuk untuk pengguna versi gratis).
  • Output yang dihasilkan bisa dalam format populer seperti MP4.
  • Terdapat fitur “Quick Access” yang dengannya berguna agar Anda bisa mengakses secara cepat proyek-proyek rekaman video sebelumnya. 

Hanya saja kekurangan dari program ini yaitu rekaman yang dilakukan hanya bisa berdurasi 3 menit saja pada versi gratisnya. Selain itu, pada video terdapat Watermark.

9. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder bisa Anda gunakan untuk merekam seluruh layar komputer atau bagian-bagian tertentu saja dari layar. Anda juga bisa menggunakannya untuk merekam webinar yang sedang berlangsung.


Selain itu, juga bisa Anda gunakan untuk merekam video call, gameplay dan untuk hal-hal yang lainnya. Penggunannya user-friendly.

Kelebihannya:
  • Memungkinkan untuk merekam audio bersamaan juga dengan video.
  • Penggunaan webcam dalam proses perekaman.
  • Perekaman video menghasilkan format MP4, MKV atau format WebM.
  • Anda bisa melakukan screenshot yang bisa disimpan ke clipboard, atau hasil gambarnya berupa format JPG atau PNG.
  • Terdapat fasilitas Project History, kegunaannya agar Anda bisa mengakses kembali pada gambar dan video yang pernah diambil sebelumnya.

Hanya saja kekurangan dari program Icecream Screen Recorder ini yaitu Anda hanya memperoleh waktu 10 menit untuk perekaman layar, sehingga untuk memperoleh waktu tanpa batas maka perlu menggunakan versi pro.

Selain itu, penggunaan versi gratis menyediakan tool editing yang terbatas.

Download software Icecream Screen Recorder di situs resminya Icecreamapps.com

loading...

10. Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder bisa digunakan untuk merekam area tertentu atau layar penuh pada PC. Dengannya Anda juga bisa merekam video streaming dan untuk kebutuhan lainnya.

Pada aplikasi ini terdapat beberapa mode, yaitu Gaming mode (mode permainan), Screen recording mode, dan Device recording mode. Pemilihan mode ini berguna agar proses perekaman bisa berjalan optimal.

Nantinya hasil rekaman bisa disimpan dalam format AVI atau MP4. Selain itu, terdaapt fitur live drawing untuk menggambar daerah dalam layar ketika perekaman sedang berlangsung.

Anda dapat memasukan logo atau watermark sendiri pada hasil rekaman video. Juga dapat memberikan efek klik mouse berupa suara saat klik mouse dan animasinya.

Terdapat fasilitas untuk melakukan pengaturan yang berguna untuk mengoptimalkan akselerasi hardware (jika processor support akan hal ini).

Hanya saja, program ini juga menampilkan watermark-nya sendiri, selain itu terdapat batasan untuk merekam yaitu selama 10 menit.

Situs resminya: Bandicam.com

11. Windows 10 Game Bar

Khusus untuk pengguna Windows 10 maka terdapat program bawaan untuk merekam layar PC, dimana Anda bisa menggunakan sebuah program yang bernama Windows 10 Game Bar.

Dengannya Anda bisa merekam layar, fungsinya ini hanya bisa untuk merekam satu jendela saja, dengan demikian jendela lain tidak akan ikut terekam ketika dibuka.

Hal yang hebat dari program bawaan Windows 10 ini yaitu hasil video rekaman tidak berukuran terlalu besar.

Banyak Youtuber yang memanfaatkan program ini untuk menciptakan suatu karya video. Untuk penggunannya maka hanya perlu menekan tombil Windows + G pada layar jendela yang ingin direkam.

12. TinyTake

TinyTake adalah software screen recorder gratis yang bisa Anda gunakan untuk merekam full screen. Untuk Anda yang ingin membuat video edukasi maupun bisnis maka software ini cukup bisa diandalkan.

TinyTake memberikan layanan penyimpanan cloud gratis sebear 2GB. Dengan program ini bisa Anda gunakan untuk merekam cuplikan webcam dan desktop, hanya saja bukan untuk game.

Rekaman Anda tidak akan diberi watermark, tapi pengguna dibatasi untuk merekam maksimal hanya lima menit.

Terdapat tool anotasi yang hanya tersedia untuk pengguna versi premium. Bagi pengguna gratis, TinyTake tidak memberikan tool pengeditan yang memuaskan.

Download TinyTake di situs resminya Tinytake.com

13. Action!

Software Action! bisa Anda gunakan untuk merekam layar PC, keunggulannya juga bisa melakukan streaming secara real-time. Adapun kemampuannya dalam merekam video dinilai baik, yang bisa memberikan hasil video kualitas HD.

Fiturnya  untuk merekam video, suara serta bisa mengambil gambar (screenshot), Anda bisa memanfaatkannya dalam membuat tutorial secara mudah.

Sebelum merekam layar monitor, Anda perlu setting resolusi video, yang bisa diatur sampai kualitas 1080p. Anda bisa merekam layar penuh maupun sebagian layar monitor.

Adapun untuk hasil videonya bisa berbentuk format MP4 dan AVI. Terdapat mode Greenscreen yang bisa memotong latar belakang, dengan latar belakang berwarna solid.

Anda bisa memilih mode perekaman perangkat untuk mengambil video dari beberapa sumber seperti konsol game, PC lainnya, siaran TV, Webcam ataupun camcorder.

Anda bisa memasukan logo, dan komentar dengan mikrofon. Selain itu, Anda terdapat fitur untuk menambahkan webcam ke layar atau gameplay Anda secara real-time ketika melakukan perekaman.

Lisensi yang diberikan hanya 30 hari untuk trial gratis.

Situs resminya di Mirillis.com

Loading...

14. CamStudio

CamStudio merupakan software perekam layar PC gratis yang bisa Anda gunakan, hanya saja hasil rekaman Cuma bisa disimpan dengan format AVI, namun selain itu bisa Anda konversi ke Flash Video.

Dalam perekaman, nantinya kualitas video bisa Anda atur, selain itu Anda bisa mengambil layar full screen atau bagian-bagian tertentu saja.

Hal yang bagus, bawhwa CamStudio bebas watermark dan tanpa batasan waktu rekaman.

Download CamStudio di situs resminya Camstudio.org

15. Fraps

Program perekam layar ini recommended bagi Anda para gamers. Kualitas rekamannya memiliki resolusi yang tinggi.

Bahkan mampu memberikan resolusi sangat tinggi yaitu maksimalnya 7680 x 4800. Hanya saja jika menggunakan versi gratis maka program hanya menyediakan waktu perekaman selama 30 detik saja.

16. Rylstim Screen Recorder

Software Rylstim Screen Recorder ini bisa Anda andalkan untuk membuat video tutorial yang simpel. Untuk penggunaannya tinggal klik Start Record, tekan F9 jika sudah selesai.

Hanya saja Rylstim Screen Recorder tidak mendukung rekaman suara dan tidak memiliki tool untuk mengedit. Untuk menambahkan suara, maka diperlukan untuk menggunakan aplikasi gratis lainnya.

Dengan begitu, aplikasi ini sebenarnya tidak cocok bagi para gamer, namun masih bisa diandalkan  membuat video tutorial.

Download software Rylstim Screen Recorder di situs resminya Sketchman-studio.com

17. Jing

Program perekam layar gratis ini cukup simpel, kecepatan dan kemudahan penggunannya patut diacungi jempol. Hanya saja untuk pengaturan audio dan video mempunyai kualitas yang kurang baik. Demikian juga untuk format hasil rekamannya hanya support SWF Flash.

Fitur-fitur yang disediakan sangat standar dan simple, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang masih pemula. Untuk kualitas video masih terbilang cukup bagus. Pada aplikasi Jing ini, Anda juga bisa mengedit video hasil rekaman.

Download software Jing di Techsmith.com

18. HyperCam

HyperCam adalah aplikasi perekam gambar yang bisa Anda gunakan secara gratis. HyperCam 4.0 adalah produk premium, tapi kemudian akhirnya dibuat produk baru lagi yaitu HyperCam 2.9 yang bisa digunakan secara gratis.

Hasil rekaman dapat dikonversi hanya dala format AVI. Terdapat fitur untuk menambahkan teks dan coretan di layar perekaman.

Penggunaan software HyperCam ini tidak disarankan untuk para gamer, aplikasi ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin membuat video tutorial.

Fitur lainnya yaitu Anda bisa merekam suara tanpa bantuan microphone luar. Hanya saja HyperCam tidak bisa digunakan untuk melakukan perekaman atas video yang diputar dari media player.

Download HyperCam di Softonic.com

19. Wink

Aplikasi ini berfungsi untuk merekam layar PC yang bisa digunakan di sistem operasi Windows maupun Linux. Kegunaannya selain bisa merekam gambar dan video, juga bisa merekam suara.

Program ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat software. Fiturnya dapat menangkap pergerakan mouse, dengan hasil video yang berkualitas. Untuk penggunaannya terdapat versi gratisnya.

Download aplikasi Wink di Soft112.com

20. SmartPixel

Ini adalah program perekam layar komputer yang multifungsi, aplikasinya ringan dan penggunannya cukup mudah. Dengannya juga, Anda bisa mengedit hasil rekaman untuk menambahkan effect, audio dan hal-hal lainnya.

Hanya saja untuk Anda yang menggunakan versi gratisnya maka program akan menempelkan watermarknya pada video yang Anda buat, sehingga mengurangi keindahan dan profesionalitas video. Untuk menghilangkan watermarknya maka perlu menggunakan versi pro.

Download software SmartPixel di situs resminya Smartpixel.com

Sumber http://downloadsoft-gratis.blogspot.com
Tag : Komputer, Tekno
Back To Top