Apple, Adobe, Dropbox & Yahoo Paling Aman dalam Perlindungan Privasi, Hati-Hati pada WhatsApp

Electronic Frontier Foundation (EFF) merupakan sebuah lembaga internasional nirlaba organisasi advokasi dan hukum yang berbasis di Negara Amerika Serikat.

Tujuan berdirinya Electronic Frontier Foundation untuk mempertahankan hak kebebasan berbicara, seperti yang dilindungi oleh Amendment Pertama Konstitusi di Negara Amerika Serikat, tujuan lainnya mendidik pers, pembuat kebijakan dan lainnya.

 merupakan sebuah lembaga internasional nirlaba organisasi advokasi dan hukum yang berbasi Apple, Adobe, Dropbox & Yahoo Paling Aman dalam Perlindungan Privasi, Hati-Hati pada WhatsApp
Logo Electronic Frontier Foundation (EFF) | Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

EFF didukung oleh sumbangan donatur, dan didasarkan di San Francisco, California, dengan anggota staf yang berada di Washington, DC.

Pada sebuah survei tahunan EFF yang dilakukan pada tahun 2015, perusahaan Apple, Adobe dan Yahoo didaulat menjadi perusahaan teknologi yang paling aman dalam menjaga data privasi penggunanya.

EFF melakukan survei dengan menggunakan lima kategori yang berbeda. Pada masing-masing kategori tersebut, masing-masing perusahaan mendapatkan penilaian berupa 'tanda bintang' atau 'tidak mendapatkan tanda bintang'.

Apple, Adobe, Dropbox & Yahoo Paling Aman dalam Perlindungan Privasi, Hati-Hati pada WhatsApp

Terdapat empat buah perusahaan teknologi yang mendapatkan bintang pada kelima kategori yang dinilai tersebut, perusahaan tersebut yaitu Apple, Adobe, Dropbox dan Yahoo.

Dalam survei ini juga, aplikasi sosial media seperti Twitter, Facebook dan Reddit, mendapatkan empat bintang. Adapun WhatsApp yang paling buruk, hanya mendapatkan satu bintang saja untuk penilaian ini.

Perusahaan teknologi lainnya yang dilakukan penelitian, yang masing-masingnya mendapatkan tiga bintang, yaitu perusahaan Google, Microsoft, Snapchat dan Tumblr.


Hati-Hati terhadap WhatsApp, berada di peringkat terendah dalam hal perlindungan privasi

WhatsApp seperti diketahui banyak orang menjadi aplikasi messaging sangat diminati para pengguna perangkat mobile di dunia.

Akan tetapi, sayangnya berdasarkan dari laporan Electronic Frontier Foundation (EFF), bahwa layanan WhatsApp termasuk ke dalam urutan paling belakang dalam hal perlindungan data penggunanya.

Aplikasi WhatsApp termasuk mudah dalam hal penggunaannya, dimana pengguna tidak perlu melakukan invite, yang hanya cukup mendaftar dengan nomor kontak orang yang memiliki aplikasi WhatsApp saja, maka dengan itu secara otomatis nomor tersebut tampil sebagai kontak di aplikasi messaging WhatsApp.

Tetapi dibalik kemudahannya ini, WhatsApp terdapat hal negatif dalam hal menjaga privasi para penggunanya. Dimana seluruh percakapan pengguna sangat rentan dapat dipantau oleh pihak-pihak tertentu, termasuk pihak yang berwajib.

Pada sebuah laporan yang berjudul ‘Who Has Your Back’, pihak EFF mengatakan bahwa layanan WhatsApp tidak melakukan perlindungan privasi pelanggan, dalam beberapa kategori yang menjadi penilaian.

Sumber http://downloadsoft-gratis.blogspot.com
Tag : Komputer
Back To Top