CARA MEMBUAT GRADASI WARNA DI CORELDRAW

Cara Membuat Gradasi Warna di Coreldraw biasanya akan memberikan mood atau suasana yang berbeda. Biasanya saya sering sekali merasa tertantang, penasaran sekaligus sangat senang jika sedang mengerjakan efek gradasi pada suatu desain. Disamping colorful bisa membuat kondisi area kerja berubah menjadi menyenangkan, adalah menyatukan warna tersebut menjadi sebuah paduan yang sempurna serta menarik merupakan sesuatu yang merepotkan dan menyenangkan.

Kali ini dalam tutorial sederhana ini saya akan membahas beberapa teknik gradasi warna yang bisa digunakan untuk mempertajam sense pada sebuah desain. Pengertian gradasi sendiri dalam mata seni rupa atau desain adalah perpaduan dua warna atau lebih dalam satu objek untuk mendapatkan sesuatu yang baru dan juga indah.

MEMBUAT GRADASI WARNA DENGAN FOUNTAIN FILL

Ini yang sangat umum, cara yang merupakan dilakukan banyak orang menggunakan fountain fill untuk membuat sebuah gradasi yang menarik. Caranya adalah sebagai berikut :

 biasanya akan memberikan mood atau suasana yang berbeda CARA MEMBUAT GRADASI WARNA DI CORELDRAW

  • Siapkan objek yang akan diberikan efek. Kemudian pilih fountain fill pada tool box atau dengan menggunakan shortcut dengan menekan “F11”. Akan muncul kotak pengaturan tentang gradasi warna. Ada type untuk menentukan jenis gradasi yang akan dibentuk, terdapat pula preview kecil untuk menunjukkan perubahan setiap detail yang dipilih dalam box pengaturan ini.
  • Untuk merubah warna sebaiknya berkonsentrasi pada bagian color blend. Jika hanya ingin menggunakan gradasi dua warna saja dalam satu objek, maka pilih two color. Sedangkan untuk banyak warna gunakan custom .
  • Jika sudah sesuai maka klik OK.
 biasanya akan memberikan mood atau suasana yang berbeda CARA MEMBUAT GRADASI WARNA DI CORELDRAW

MEMBUAT GRADASI MENGGUNAKAN MESH FILL

Cara ini yang paling saya sukai, selain bisa menampilkan teknik gradasi yang sempurna, mesh fill juga mampu mendukung efek lain seperti transparency. Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara membuat nodes pada setiap bagian yang ingin dituangkan warna berbeda untuk membentuk gradasi. Perhatikan gambar di bawah ini.



MEMBUAT GRADASI MENJADI RASTER

Terkadang saya bosan jika hanya menggunakan teknik warna halus dan ingin menciptakan sesuatu yang berbeda. Raster adalah pilihan tepat untuk memadukan semuanya. Biasanya desain pop art sering saya kombinasikan dengan efek ini. Cara sederhananya adalah sebagai berikut :

 biasanya akan memberikan mood atau suasana yang berbeda CARA MEMBUAT GRADASI WARNA DI CORELDRAW

  • Siapkan teks bertuliskan, POP-ART. Berikan efek shadow dengan pengaturan type fathering direction-nya “outside” dan berikan opacity “100” persen dengan warna shadow adalah hitam dengan efek multiply.
  • Pisahkan shadow tersebut dengan menggunakan “Break Apart” atau “Ctrl+K” kemudian konsentrasi pada shadow tersebut.
  • Bitmap efek tersebut dengan menggunakan “Bitmap” pada menu bar kemudian pilih “convert to bitmap” pilih color mode nya RGB.
  • Pilih “Bitmap” lagi kemudian sorot “Color Transform” kemudian pilih “Halftone” dan atur “max dot radius” sesuai dengan selera. Pilih OK.
  • Kembali ke “Bitmap” dan “Convert to Bitmap” kali ini dengan pilihan “Black and White”. Klik OK.
  • Untuk memberikan warna dengan cara KLIK  KANAN pada warna yang diinginkan, karena jika menggunakan klik kiri maka yang terjadi adalah warna fill nya yang akan terisi. Selesai.

Cara Membuat Gradasi Warna di Coreldraw di atas adalah beberapa teknik yang saya gunakan untuk membuat desain lebih menarik. Sangat mungkin ketiga-tiganya saya gunakan dalam satu desain tergantung pada konteks dan kerumitan objek atau jatah kerja yang saya kerjakan. Semoga membantu.

Sumber http://ajardesaingrafis.blogspot.com
Back To Top