Cara Setting Waktu Anak Bermain Game di iOS (iPhone & iPad)

Ya.. namanya juga anak kecil, sebagian besar pikirannya adalah bermain-main saja, hal ini tentunya wajar.

Dari jaman dulu, anak-anak bermain bola sepak, gobak sodor / galaksin, pinta umpet, polisi-maling dan banyak lainnya.

Hingga anak sekarang yang tren kesukaannya berevolusi menjadi lebih canggih, yaitu bermain game pada perangkat-perangkat canggih, adapun olah raganya yang sangat ngetrend saat ini yaitu futsal saya kira.

Adapun anak dulu, secanggih-canggihnya permainan mentok-mentok di Nintendo, atau paling bagusnya cuman PS1.

Berhubung untuk anak jaman sekarang suka bermain perangkat gadget yang canggih-canggih, seperti yang ada pada iOS, yang terdapat aplikasi menyenangkan, dan juga bisa bermanfaat jika yang dimainkan adalah yang bersifat edukasi.

Cara setting waktu anak bermain game di iOS
Tentunya amat penting membatasi anak dari bermain game iOS seperti pada perangkat iPhone dan iPad, kita perlu mengatur dengan waktu yang secukupnya. Untuk itu ada sebuah fitur, baik itu pada perangkat iPhone maupun iPad yang dapat digunakan untuk setting waktu anak dalam bermain game, nama fiturnya yaitu Guided Access

Sebelum Kamu mengaktifkan fitur Guided Access ini, maka cukup penting juga memberi pengertian kepada anak yang sering mengakses perangkat iOS tersebut, sehingga mereka dapat mengerti maksud baik yang kamu lakukan padanya. Karena memang hal yang cukup membuat orang dewasa pusing ketika kebingungan menghentikan si kecil agar tidak kelamaan bermain game di iPad atau iPhone.

Fitur Guided Access ini secara default sudah ada di sistem iOS, baik itu perangkat iPhone maupun iPad, sehingga untuk menggunakan tidak perlu lagi melakukan download, kita tinggal memanfaatkan apa yang ada di dalam bawaan iOS ini.


Apa itu Guided Access?
Berdasarkan penjelasan yang berasal dari laman Apple Support, bahwa fitur Guided Access ini memiliki fungsi membatasi penggunaan iPhone atau iPad, dengan mengaturnya pada aplikasi tertentu, dan juga waktunya yang bebas kita tentukan, dari waktu kapan hingga waktu kapan.

Selain itu pengguna dapat melakukan setting bagian yang tidak diikutsertakan selama fitur Guided Access ini aktif. Termasuk yang cukup menarik, ada fitur yang bisa membuat Kamu bisa menonaktifkan sementara seperti menekan power button, volume, dan banyak lainnya yang bisa diatur.

Berikut di bawah ini cara membatasi waktu penggunaan sebuah game di iPhone atau iPad, dengan menggunakan fitur Guided Access:
  1. Pertama-tama Kamu hidupkan fitur Guided Access, caranya pergi ke aplikasi Settings, lalu pilih Accessibility, pilih Guided Access. 
  2. Kemudian kamu hidupkan knob hijau yang ada di bagian tersebut 
  3. Kemudian kamu setting beberapa alat, seperti Passcode Settings, Time Limits dan Accessibility Shortcut. Lalu tutup aplikasi Settings 
  4. Kamu buka game atau aplikasi yang ingin digunakan fitur Guided Acces tersebut. 
  5. Nah, pada aplikasi atau game yang ingin menggunakan Guided Acces, lalu kamu tekan home button sebanyak 3x, dengan tujuan menampilkan pengaturan Guide Access. 
  6. Apabila layar perangkat iOS mengalami perubahan, lalu kamu pilih pada opsi menu Options. 
  7. Lalu setting pada beberapa pengaturan yang ada disana, jika kamu merasa masih belum terlalu paham, maka nyalakan saja semuanya, kecuali pada bagian Sleep / Wake Button. 
  8. Scroll bawah hingga sampai ke bagian Time Limit. Kamu setting penggunaan aplikasi tersebut. 
  9. Setelah itu pilih Done dan Start di tampilan utama. 
  10. Dengan begitu iPhone atau iPad milikmu sudah mengaktifkan fitur Guided Acces pada aplikasi yang dipilih tersebut. 
  11. Berdasarkan setting dilakukan, maka nantinya Penggunanya tidak bisa keluar dari aplikasi yang dijalankan tersebut. 
  12. Apabila waktu yang diatur sudah habis, setelah itu muncul peringatan Time Expired. 
  13. Kamu tekan tombol home 3x dengan tujuan pergi ke pengaturan, lalu memasukan Passcode Settings, mengakhiri sesi Guided Access tersebut. 
  14. Apabila menu Guided Access kembali di tekan, dengan begitu akan dilakukan save pada pengaturan yang sebelumnya, sehingga ketika ingin melakukannya lagi, tidak perlu melakukan pengaturan dari awal yang cukup merepotkan 

Catatan
Pada iPhone 5s iOS 8.1, fitur Guided Acces ini mengalami sedikit masalah, dimana tidak dapat menampilkan baris tombol Passcode dengan baik, mungkin masalah ini terjadi pada suatu perangkat iOS 8.1 tertentu saja, atau pada semua perangkat iOS 8.1.

Panduan versi video
Apabila langkah-langkah diatas masih membingungkan, maka di bawah ini beberapa tutorial cara menggunakan fitur Guided Access dalam bentuk video, Kami sediakan beberapa video yang mungkin dapat berguna.

1. Video berjudul Guided Access in iOS 8 kunjungi disini

2. Video berjudul How To Enable Guided Access On iPhone or iPad kunjungi disini

3. Video berjudul How To Disable Or Break Out Of Guided Access Mode In iOS 6 kunjungi disini

Semoga bermanfaat.

Sumber http://downloadsoft-gratis.blogspot.com
Tag : iOS
Back To Top